Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Merica Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Merica Dengan Baik dan Benar – Merica atau lada merupakan salah satu jenis rempah dengan bentuk biji yang dapat dipanen dari tanaman yang memiliki nama sama, yaitu tanaman merica. Merica banyak digunakan untuk pekerjaan rumah tangga seperti halnya memasak. Masyarakat Indonesia sendiri sangat sering menggunakan merica atau lada ini dalam masakannya.

Bukan tanpa alasan selain membuat masakan lebih nikmat, merica juga sangat bermanfaat sebagai penghangat tubuh, dahulu rempah ini sering digunakan oleh orang Eropa untuk menghangatkan tubuhnya ketika datang ke Indonesia.

Merica atau lada dari Indonesia sudah banyak dikenal di seluruh dunia sebagai komoditi dengan kualitas terbaik. Cara menanam merica tidak terlalu sulit, karena tanaman merica ini dapat tumbuh di seluruh wilayah tropis di Indonesia dan biasanya dibudidayakan oleh para petani sebagai komoditi ekspor Indonesia.

Cara Menanam Merica Dengan Baik dan Benar
  • Sebelum menanam merica hendaklah memahami syarat tumbuh tanaman merica terlebih dahulu. Usahakan saat Anda akan menanam tanaman merica berada di lahhan yang curah hujannya antara 2.500-3.000 mm/tahun.
  • Selain itu tanam di lahan yang mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam/hari dengan suhu udara 20-34 derajat celcius. Kemudian usahakan seasaman tanah antara pH 5-7, dan berada pada ketinggian 300-1.500 meter diatas permukaan laut.
  • Tanah yang baik untuk digunakan menanam tanaman merica adalah tanah dengan jenis lateritic, utisol, podsolik, an latosol.
  • Tahap selanjutnya adalah pembibitan merica unggul, agar tanaman merica yang dihasilkan dapat menghasilkan panen yang maksimal. Ciri bibit merica unggul adalah bibit merica bebas dari hama penyakit, berasal dari tanaman induk merica yang sehat, kemurnian bibit merica terjamin, untuk satu hektar lahan, dibutuhkan kurang lebih 2.000 bibit merica.
  • Proses yang harus dilakukan adalah mengolah lahan tanam dengan cara mencangkul sedalam 30 cm hingga tanah yang digunakan menjadi lebih gembur. Untuk tanah yang pH nya kurang dari 5, tambahkan kapur dolomite 500 kwintal pada lahan dan diamkan selama 4 minggu sebelum masa tanam dimulai.
  • Selain itu berikan juga pupuk kandang yang telah difermentasikan untuk menambah kesuburan lahan tanam, dan kemudian diamkan selama 2 minggu agar nutrsisi tercampur sempurna dalam tanah.
  • Cara menanam merica dapat dilakukan dengan sistem monokultur maupun tumpangsari dengan jarak antar tanaman 2 x 2 meter. Kemudian buat lubang tanam berbentuk limas denga kedalaman 50 cm, sedangkan 40 x 15 cm, serta ukuran bagian tasa 40 x 35 cm dan kemudian diamkan selama 2 minggu sebelum masa tanam dimulai.
  • Waktu yang baik untuk menanam tanaman merica adalah ketika awal musim penghujan pada pagi atau sore hari, hal ini dilakukan untuk menghindarkan bibit yang baru ditanam dari terik matahari. Setelah bibit ditanam, taburkan pupuk kompos dengan dosis 100 gr/ tanaman dan siram dengan air secukupnya.
  • Bustkan atap di atas tanaman merica dengan bahan bambu atau kayu, ikatkan tali dari atap dan julurkan ke bawah hingga mengenai tanaman sebagai media untuk merambat.
  • Bersihkan tanaman merica dari tanaman pengganggu atau gulma di sekitar tanaman merica secara rutin, pembersihan atau penyiangan ini dapat dilakukan selama 3 bulan sekali.
  • Berikan pupuk susulan setiap 6 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. hal ini akan memacu pertumbuhan tanaman merica dan menjaga nutrisi tanah agar tetap terjaga. Dan lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali, jika diperlukan buatlah drainase yang baik agar saat musim huan tiba air hujan tidak menggenangi lahan tanam yang akan menyebabkan tanaman merica cepat membusuk.
  • Tanaman merica dapat dipanen ketika memasuki umur 3 tahun, dengan cir-ciri tangkai biji atau buah mulai terlihat menguning serta warna buah kuning kemerahan.
  • Cara memanen merica adalah dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan menggunakan tangan. Tanaman merica Anda dapat terus dipanen hingga usia produktif tanaman kurnag lebih 8-15 tahun.

Itulah cara-cara menanam merica dengan baik dan benar. anda dapat menerpakannya pada budidaya merica Anda agar mendapat hasil panen yang berkualitas. Jangan lupa untuk membaca artikel berkebun lainnya hanya di sini. Selamat menanam merica. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Merica Dengan Baik dan Benar"